Info

Lima Ide Bisnis Dengan Modal Terbatas Untuk Fresh Graduate

Ketika telah selesai menempuh pendidikan perguruan tinggi, lulus dan mendapatkan predikat sebagai sarjana maupun ahli madya mungkin menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap orang yang melaluinya. Namun ada hal yang perlu diingat bahwa kehidupan pasca kampus merupakan kehidupan yang penuh dengan tantangan. Banyak hal yang harus dihadapi salah satunya dalam urusan mendapatkan pekerjaan. Banyak para fresh graduate yang merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan yang mereka harapkan. Banyak hal yang melatar belakangi hal tersebut terjadi, diantaranya:

  • Lowongan pekerjaan sedikit

Lowongan pekerjaan tidak selalu dibuka setiap tahunnya. Umumnya sebuah perusahaan akan membuka lowongan pekerjaan jika sumber daya manusia yang dimiliki kurang. Pengurangan SDM karena pemecatan atau pensiun tidak terjadi setiap waktu. Maka dari itu untuk membuka  lowongan pekerjaan baru, biasanya setiap perusahaan membutuhkan waktu yang relatif lama. Jika pun ada lowongan pekerjaan maka kuotanya sedikit dan biasanya terbatas pada waktu-waktu tertentu saja.

  • Minimnya softskill dan pengalaman

Softskill dan pengalaman menjadi nilai jual tersendiri. Jika sebagai fresh graduate tidak memiliki bekal softskill dan pengalaman yang cukup tentu saja hal tersebut akan membuat sulitnya menghadapi persaingan dunia kerja.

  • Jumlah angkatan kerja banyak

Jumlah angkatan kerja yang membludak membuat banyaknya persaingan. Persaingan-persaingan tersebut yang membuat semakin sulitnya mencari pekerjaan. Jika jumlah angkatan kerja banyak namun tidak diimbangi dengan jumlah lowongan pekerjaan, maka secara tidak langsung nantinya akan menimbulkan lahirnya pengangguran.

Untuk mengantisipasi hal tersebut maka biasanya mereka yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan akan membuka usaha atau bisnis sendiri. Bisnis memang menjadi solusi untuk mengatasi kekurangan lowongan pekerjaan, namun bukan berarti bisnis yang akan dijalankan dapat berjalan tanpa hambatan. Salah satu hambatan dalam mendirikan sebuah usaha adalah terakit modal. Modal dalam sebuah usaha merupakan salah satu hal yang teramat penting sehingga ketika hendak mendirikan sebuah usaha pastilah hal yang terlintas di pikiran yakni besarnya modal yang akan dikeluarkan. Namun tidak perlu khawatir, saat ini sudah banyak ide bisnis yang minim modal awal, sehingga sebagai fresh graduate dapat menjalankan bisnis tersebut.

Reseller

Reseller dari sebuah produk kini menjadi salah satu bisnis yang banyak digemari. Bisnis ini terbilang mudah, hanya dengan mengandalkan gadget dan kuota internet maka bisnis dapat berjalan dengan lancar. Menjadi seorang reseller tidak membutuhkan banyak modal, sehingga sangat cocok untuk diterapkan oleh para fresh graduate.

Jasa Titip

Selain reseller, bentuk usaha lainnya yang tidak membutuhkan banyak modal yakni jasa titip. Hampir sama dengan reseller namun yang membuat berbeda yakni, jasa titip hanya menyediakan barang-barang by request atau sesuai dengan keinginan dari pengguna jasa tersebut.

Les Privat

Les privat menjadi salah satu bentuk usaha andalan. Mudah dan murah membuat usaha ini banyak dilirik oleh para fresh graduate, terlebih bagi mereka yang mengenyam pendidikan di jurusan pendidikan atau keguruan.

Content Creator

Media sosial yang berkembang sangat pesat membuat profesi ini banyak dilirik anak muda. Konten kreator banyak sekali jenisnya mulai dari selebgram, Youtuber, sama artikel writer.

Desain Grafis

Kebutuhan akan desain grafis yang semakin pesat membuat ide usaha ini juga sangat cocok digeluti oleh para fresh graduate. Pengalaman yang luas dan ide yang baru membuat profesi ini sangat cocok untuk mereka yang baru saja menyelesaikan pendidikannya.

Share Button