Info

Membangun Bisnis Asinan Betawi

Makanan tradisional memang tidak pernah mati gaya. Semakin hari semakin banyak peminatnya. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki makanan khas yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya. Jakarta menjadi salah satu daerah yang menyumbang makanan tradisional yang enak dan melegenda. Tidak lain dan tidak bukan yakni asinan betawi.

Mengenal Makanan Khas Jakarta Asinan Betawi

Asinan betawi menjadi salah satu makanan khas dari daerah Jakarta selain kerak telor dan bis pletok. Seperti makanan tradisional lainnya, eksistensi asinan betawi tak pernah lekang oleh zaman. Perpaduan rasa asam, pedas, dan gurih membuat makanan ini memiliki tempat tersendiri di hati penikmatnya. Asinan betawi ternyata tidak hanya enak namun juga bergizi tinggi karena terbuat dari berbagai jenis sayur. Yang membuat asinan betawi nikmat untuk dimakan yakni karena adanya kuah dari gula merah yang membuat asinan memiliki cita rasa yang segar dan sangat cocok untuk dimakan siang hari.

Berbagai jenis sayuran kacang, kerupuk, dan siraman kuah yang pedas manis membuat makanan ini selalu diburu oleh para penikmat kuliner. Banyak orang mencari asinan betawi karena kini kehadirannya lumayan terancam dengan munculnya makanan-makanan modern yang memiliki ciri khas cita rasanya masing-masing. Namun tidak perlu sepenuhnya khawatir, karena kini masih ada beberapa tempat yang menjual asinan betawi, dan sebenarnya makanan ini juga cukup mudah untuk dibuat sendiri di rumah.

Membuka Usaha Rumahan Asinan Betawi

Sebagaimana diketahui bersama bahwa mobilitas dari masyarakat Jakarta sangatlah padat. Mereka banyak sekali menghabiskan waktu untuk bekerja di luar rumah. Sehingga akhirnya banyak yang terpaksa harus terlewati salah satunya yakni menyiapkan makanan untuk keluarga di rumah. Untuk mengatasi masalah tersebut banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk membeli makanan di luar. Peluang bisnis inilah yang kemudian banyak bermunculan usaha-usaha rumahan, salah satunya yakni usaha rumahan asinan betawi.

Asinan betawi menjadi makanan yang banyak penggemarnya. Menjadikan asinan betawi sebagai subjek untuk membangun bisnis merupakan cara yang tepat. Selain mendapatkan keuntungan, bisnis ini juga dapat membuat eksistensi asinan betawi tetap mengudara di dunia kuliner Indonesia. Namun yang perlu diingat bahwa dalam membangun sebuah usaha tidak selamanya mulus. Pasti akan menghadapi banyak kendala, maka dari itu penting sekali untuk memiliki strategi usaha termasuk dalam usaha asinan betawi ini. Berikut merupakan beberapa strategi usaha yang dapat dilakukan untuk membangun usaha rumahan asinan betawi:

  • Memilih tempat usaha yang tepat

Tempat usaha menjadi salah satu indikator keberhasilan dari usaha tersebut. Tempat yang strategis akan membuat produk yang dijual semakin mudah untuk dilihat orang dan nantinya orang tersebut akan mampir untuk membelinya. Tidak hanya itu, tempat yang strategis juga membuat pemasaran produk menjadi semakin mudah untuk dilakukan.

  • Mempertajam kualitas makanan yang di jual

Menjual atau membangun bisnis makanan yang paling utama yakni menjaga agar kualitas makanan tetap sama dari hari ke hari. Selain itu, makanan yang memiliki ciri khas juga akan membuat makanan tersebut banyak diminati karena orang cenderung akan lebih mudah mengingat cita rasa suatu makanan jika memiliki ciri khas. Makanan yang enak pasti akan lebih mudah mengundang konsumen. Maka dari itu, sebelum memulai sebuah usaha alangkah baiknya untuk mencoba atau melakukan riset terkait resep makanan yang akan dijual.

  • Melakukan strategi pemasaran yang tepat

Pemasaran selalu menjadi masalah dalam membangun bisnis. Bisnis makanan menjadi salah satu bisnis yang paling banyak persaingannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka sangat penting untuk mengatur strategi pemasaran yang tepat. Dan kini strategi pemasaran yang dengan memanfaatkan sosial media menjadi salah satu strategi pemasaran yang tepat.

  • Melakukan perhitungan usaha yang akurat

Melakukan perhitungan usaha yang akurat juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan sebelum membangun sebuah bisnis atau usaha. Perhitungan usaha yang biasanya dilakukan sebelum memulai usaha yakni perhitungan modal awal, perhitungan pengeluaran per bulannya, perhitungan untung rugi, perhitungan kebutuhan usaha, dan juga yang tak kalah penting yaitu perhitungan omzet usaha.

 

Share Button